MACRO ECONOMY : COMPONENTS OF AGGREGATE DEMAND

 

COMPONENTS OF AGGREGATE DEMAND

Permintaan agregat

    Permintaan agregat (AD) adalah total permintaan barang dan jasa dalam perekonomian secara keseluruhan, terdiri dari :

  1. Pengeluaran konsumen (C)
  2.  Investasi (I)
  3. Pengeluaran pemerintah (G)
  4.   Ekspor - impor (X-M)  C+I+G+(X-M) = AD
Tingkat pengeluaran konsumen akan dipengaruhi oleh:
  1.   Pendapatan dan kekayaan yang dapat dibelanjakan. Pendapatan/kekayaan yang lebih tinggi mendorong lebih banyak pengeluaran.
  2. Tingkat bunga. Suku bunga yang lebih rendah mendorong pengeluaran dibandingkan menabung.
  3.  Kecenderungan mengkonsumsi rata-rata/marginal. Kecenderungan konsumsi masyarakat yang lebih tinggi akan berarti belanja konsumen yang lebih besar.
Tingkat investasi akan dipengaruhi oleh:
  1.  Keuntungan bisnis. Keuntungan yang lebih tinggi memberikan pendanaan yang lebih besar untuk investasi.
  2. Tingkat bunga. Suku bunga yang lebih rendah membuat pinjaman menjadi lebih murah dan karenanya mendorong investasi.
  3. Ekspektasi. Meningkatnya ekspektasi terhadap kinerja perekonomian di masa depan akan mendorong lebih banyak investasi.
Tingkat pengeluaran pemerintah akan dipengaruhi oleh:
  1.  Situasi ekonomi : Peningkatan pengeluaran diperlukan ketika perekonomian sedang lesu karena stabilisasi otomatis dan langkah-langkah stimulus.
  2. Faktor politik : Pemerintahan sayap kanan umumnya mengenakan pajak dan belanja lebih sedikit, dibandingkan dengan pemerintahan sayap kiri yang lebih menyukai intervensi negara.
Ekspor bersih akan dipengaruhi oleh:
  1. Nilai tukar : Depresiasi akan meningkatkan permintaan ekspor dan mengurangi permintaan impor, meningkat (X-M)
  2. Pendapatan dalam dan luar negeri : Pendapatan yang lebih tinggi di luar negeri meningkatkan permintaan ekspor, meningkat (X-M). Pendapatan yang lebih tinggi di dalam negeri meningkatkan permintaan impor, mengurangi (X-M).
  3. Inflasi : Tingkat inflasi yang lebih tinggi berdampak negatif terhadap daya saing internasional, mengurangi (X-M).

Posting Komentar

0 Komentar