MICRO ECONOMY : OBJECTIVE MARKET AND STRUCTURE


OBJECTIVE MARKET AND STRUCTURE

 Objektif artinya tidak berpihak dan berdasarkan pada fakta yang ada.

Tujuan Perusahaan :
  1.  Maksimalisasi keuntungan - tujuan utama bagi hampir semua perusahaan
  2. Kelangsungan hidup - perusahaan rintisan atau perusahaan kecil yang berada dalam krisis mungkin hanya fokus untuk bertahan hidup
  3.  Pertumbuhan - ekspansi melalui pengambilalihan/merger atau pertumbuhan pendapatan mungkin mengorbankan pemaksimalan keuntungan
  4. Pangsa pasar - fokus jangka pendek pada pesaing yang lebih unggul dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar dalam jangka panjang.
Tujuan yang berbeda akan berdampak pada perilaku perusahaan di pasar.



Struktur pasar :
  1. Pasar Kompetitif  : Orang-orang bebas berjualan tetapi perusahaan sebagai pengambil harga (Penjual buah)
  2. Pasar Monopolistik : Penentu harga adalah perusahaan (Salon)
  3. Oligopoli  : Perusahaan pembuat harga (Supermarket)
  4.  Monopoli : Perusahaan individual yang menetapkan harga 

    

Posting Komentar

0 Komentar