Pasar kompetitif
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna antara lain :
- Banyak pembeli dan penjual
- Produk homogen
- Tidak ada hambatan untuk masuk dan keluar
- Perusahaan adalah pengambil harga
- Harga ditentukan oleh interaksi penawaran dan permintaan
- Keuntungan lebih rendah dibandingkan pasar yang didominasi oleh lebih sedikit perusahaan besar
Monopoli dan kekuatan monopoli
Monopoli murni, ketika hanya ada satu pemasok di pasar. Kekuatan monopoli, ketika suatu perusahaan cukup besar untuk memberikan pengaruh yang besar pada suatu pasar (pangsa pasar 25%). Derajat kekuatan monopoli dapat dipengaruhi oleh:
- Hambatan untuk masuk
- Jumlah pesaing
- Periklanan
- Tingkat diferensiasi produk
Rasio konsentrasi
Rasio konsentrasi mengukur pasar bagian dari n perusahaan terbesar dalam suatu industri. Indikasi awal yang berguna mengenai kekuatan pasar, namun tidak memberi tahu kami apa pun tentang hubungan antara n perusahaan terbesar atau perilaku mereka
Monopoli dan
kekuatan monopoli
Monopoli sering dipandang mempunyai dampak negatif
terhadap pasar dan khususnya konsumen, karena :
- Mereka dapat mengenakan harga yang lebih tinggi karena kurangnya persaingan (permintaan tidak elastis terhadap harga). Hal ini juga berarti bahwa output yang dihasilkan di pasar monopoli lebih rendah.
- Perusahaan-perusahaan tersebut cenderung tidak efisien karena kurangnya insentif dari perusahaan-perusahaan di pasar yang kompetitif.
Namun, monopoli dapat bermanfaat dalam situasi
tertentu karena :
- Mereka berproduksi dalam skala yang lebih besar dan oleh karena itu lebih mungkin memperoleh keuntungan dari skala ekonomi dibandingkan perusahaan-perusahaan di pasar yang kurang terkonsentrasi.
- Mereka biasanya memperoleh keuntungan lebih tinggi sehingga memungkinkan mereka berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan sehingga lebih banyak peluang untuk penemuan dan inovasi.
0 Komentar